Aspek-aspek Pembelajaran Efektif


Dengan mengutip pendapat Dick & Carey yang dikutip M. Sobri Sutikno, (2007: 57-58), terdapat sepuluh langkah dalam melaksanakan pembelajaran efektif, yaitu (1) identifikasi tujuan pembelajaraan dengan analisis kebutuhan; (2) analisis pembelajaran; (3) identifikasi kemampuan awal dan karakteristik siswa; (4) perumusan tujuan pembelajaran khusus; (5) pengembangan tes acuan patokan (PAN); (6) pengembangan strategi pembelajaran; (7) pengembangan dan pemilihan materi pembelajaran; (8) perancangan dan penyelenggaraan evaluasi formatif; (9) revisi; (10) rancangan dan penyelenggaraan evaluasi sumatif.

Sementara itu, Moore (1999) sebagaimana juga dikutip M. Sobri Sutikno, (2007: 57-58), menawarkan 6 (enam) langkah yang berkesinambungan dalam suatu model pembelajaran yang efektif, yaitu (1) memahami situasi dalam belajar; (2) merancang pelajaran; (3) merancang tugas-tugas; (4) melaksanakan kegiatan belajar; (5) mengevaluasi kegiatan belajar, dan (6) menindak lanjuti.

Selanjutnya Joan Middenfort (dalam Soekartawi, 1995) memberikan tip pembelajaran efektif dengan 5 (lima) langkah: (1) siapkan segala sesuatunya dengan baik; (2) buatlah motivasi di kelas agar siswa dapat berinterkasi atau berartisipasi dalam kegiatan di kelas dan berikan kesempatan pada sissa untuk mengutarakan pendapatnya; (3) tumbuhkan dinamika, terutama dalam mendorong siswa untuk mempelajari tentang apa yang diberikan; (4) ciptakan kesempatan untuk berkomunikasi dengan siswa; dan (5)perbaiki terus isi atau kualitas bahan ajar, agar tetap up to date (mengikuti perkembangan hal-hal yang baru).

Dengan mengambil inspirasi dari pendapat tersebut di atas, M. Sobri Sutikno (2007: 58-58) menawarkan enam langkah sebagai berikut. Pertama, pemilihan kurikulum yang akan diajarkan yang didasarkan pada kebutuhan siswa, masyarakat dan subjek pelajaran. Sehingga dapat diketahui apa saja yang sudah diketahui siswa dan apa yang belum. Kedua, merencanakan dan menentukan dengan tepat apa yang akan diajarkan, serta waktu yang tersedia. Ketiga, mengembangkan rencana-rencana harian setiap bab; Keempat, membimbing siswa melalui kegiatan yang terencana dan berusaha memahami keadaan siswa, teori pendidikan, dan teknik pendidikan yang efektif; Kelima, melakukan pengujian penguasaan siswa atas pemahaman pemahaman tertentu; dan Keenam, membuat rangkuman singkat dari pelajaran pada waku yang lain.

Post a Comment

0 Comments