![]() |
Photo by Beatriz Pérez Moya on Unsplash |
Analisis KD Mata Pelajaran Biologi Kelas XI
KD
3.5
Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dan
kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem
gerak manusia.
Kemampuan:
Menganalisis (C4)
Pengetahuan:
Hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dan
kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem
gerak manusia.
1. Materi
Pelajaran
ü Mekanisme
gerak
ü Macam-macam
gerak
ü Kelainan
pada sistem gerak
2. Indikator
pencapaian kompetensi
3.7.1. Menjelaskan
mekanisme gerak pada manusia (C2 Faktual)
3.7.2. Membandingkan
antara gerak aktif dan gerak pasif (C2 Faktual)
3.7.3. Mengaitkan
kelainan pada sistem gerak dengan penyebabnya (C4 Konseptual)
3.7.4. Menentukan
teknologi yang mungkin untuk
membantu kelainan pada sistem gerak (C3 Faktual)
3.
Tujuan
ü Siswa
dapat menjelaskan mekanisme gerak pada manusia dengan tepat berdasarkan kajian
literasi
ü Siswa
dapat membandingkan antara gerak aktif dan gerak pasif dengan tepat melalui
diskusi kelompok
ü Siswa
dapat mengaitkan kelainan pada sistem gerak dengan benar melalui ceramah dan
video interaktif
ü Siswa
dapat menemukan teknologi yang mungkin untuk membantu kelainan pada sistem
gerak dengan tepat melalui studi kasus
KD
4.5
Menyajikan
karya tentang pemanfaatan teknologi dalam mengatasi gangguan sistem gerak
melalui studi literasi.
1. Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.7.1. Membuat
karya tulis tentang kelainan pada sistem gerak, penyebabnya, dan teknologi yang
sesuai untuk mengtasinya (menyusun laporan kelompok) (P3 Abstrak)
4.7.2. Melaksanakan
praktikum untuk mengamati struktur tulang (P2 Konkret)
2. Tujuan
ü Siswa
dapat membuat karya tulis tentang kelainan pada tulang dengan tepat melalui
diskusi kelompok
ü Siswa dapat mengamati struktur tulang dengan tepat melalui praktikum
0 Comments