Mahasiswa Bukan Sekadar Mahasiswa, Kontribusi Mahasiswa Calon Guru Mewujudkan Indonesia Maju Berdaya Saing Global

Ilustrasi Mahasiswa
Source: Edukasi.kompas.com

Dalam menghadapi tantangan global, bidang pendidikan sangat berperan untuk menciptakan sumber daya manusia yang siap menjawab tantangan serta menghadapi persaingan global. Dunia pendidikan di Indonesia khususnya di daerah yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota dihadapkan pada tuntutan untuk melahirkan siswa/siswi yang memiliki etos dan karakter yang baik serta daya saing akademis. Kontribusi mahasiswa, utamanya mahasiswa para calon guru guna mewujudkan Indonesia yang maju dan berdaya saing secara global sangat diperlukan dan dibutuhkan untuk menuntaskan masalah ini. Untuk menunjang kemampuan mahasiswa dalam mempersiapkan diri guna menuntaskan masalah tersebut adalah dengan aktif dalam kegiatan sosial, aktif berorganisasi, dan yang utama adalah rajin belajar. Baik belajar materi umum sesuai dengan jurusan atau program studi yang diambil maupun belajar nilai-nilai agama untuk membekali diri dalam berdakwah kepada siswa dan siswi di sekolah nanti serta membentengi diri dari kemaksiatan dan menjadikan diri menjadi manusia yang berakhlakul karimah (akhlak mulia).

Mengutip Undang-undang Nomor 30 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3, bahwa tujuan pendidikan nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Rumusan tujuan pendidikan di atas relevan dengan tuntutan perkembangan zaman di mana spiritualitas, emosional, sosial, dan intelektual menjadi perhatian dalam pendidikan, tidak hanya unsur kuantitatif semata. Sebagai mahasiswa dan utamanya mahasiswa calon guru penting rasanya belajar dan menguasai aspek-aspek yang disebutkan di atas.

Ki Hajar Dewantara, salah satu tokoh pendidikan nasional Indonesia menyatakan bahwa “…pendidikan adalah upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intellect), dan tubuh anak. Hal ini menjadi alasan bahwa memberikan kontribusi yang nyata dalam dunia pendidikan mengikuti perkembangan zaman dengan menerapkan pembelajaran berbasis teknologi seperti menggunakan media pembelajaran (power point) untuk mendukung proses belajar yang menarik dan tidak membosankan guna memberikan pemahaman kepada peserta didik. Selain pemanfaatan teknologi, pengintegrasian nilai-nilai agama (Islam) pun perlu ditegakkan dalam dunia pendidikan.

Reformasi pendidikan nasional akan berhasil, antara lain bila terjadi pembaharuan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas (Mohammad Nur,2011;cf.Samani,1995). Dan pendidikan semestinya diarahkan pada dua hal, yaitu intelektual dan moral (Aristoteles, 384-322 SM). Dalam hal ini, reformasi pendidikan dapat diartikan dengan penguasaan dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan guna memperkenalkan siswa tentang teknologi dan mengikuti perkembangan zaman, didampingi dengan penanaman nilai-nilai moral dan agama (Islam) seperti kejujuran, tanggung jawab, amanah, dan beradab yang akan menciptakan dan menjadikan siswa dan siswi sebagai orang yang berkarakter dan berkepribadian luhur.

Dari pemaparan penjelasan di atas.  Oleh karena itu, kontribusi nyata seorang mahasiswa utamanya mahasiswa calon guru untuk Indonesia guna mewujudkan Indonesia maju dan berdaya saing global sekaligus menyambut Indonesia emas 2045 adalah dibidang pendidikan. Kontribusi nyata tersebut dapat dilakukan dengan belajar guna mengisi diri dengan ilmu pengetahuan, baik pengetahuan umum maupun pengetahuan spiritual (agama) untuk menjadi bekal memberikan pembelajaran dan pengajaran kepada peserta didik berbasis teknologi dan pengintegrasian nilai-nilai moral dan agama (Islam) untuk menciptakan generasi emas yang berdaya saing global, berkarakter dan berakhlakul karimah.

Penulis: Muhammad Taufiqurrohman, Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika STKIP Al Hikmah Surabaya

Post a Comment

0 Comments